Rabu, 29 Juni 2016

PELATIHAN IMPLEMENTASI K13 TAHUN 2016



    Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dengan kata lain, kurikulum merupakan salah satu alat untuk menyiapkan peserta didik agar berkecakapan hidup sesuai dengan kondisi kehidupannya saat ini dan masa depan. Masa depan merupakan rentang waktu bagi peserta didik yang belajar pada masa kini dan untuk hidup berkelanjutan (sustainable) dengan segala tantangan abad ke-21. Kurikulum sebagai jantung pendidikan memiliki posisi strategis mulai dari ide, desain, dokumen, dan implementasinya. Pendidikan itu sendiri merupakan investasi esensial jangka panjang.
    Perbaikan kurikulum 2013 berlandaskan pada kebijakan Landasan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam PermendikbudNomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Pelaksanaan perbaikannya juga atas dasar masukan dari berbagai lapisan publik (masyarakat sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dunia persekolahan) terhadap ide, dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi dari berbagai media. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi  serta masukan publik tersebut, terdapat beberapa masukan umum,antara lain adanya pemahaman yang kurangtepat oleh masyarakat yang diakibatkanoleh format penyajian dan nomenklatur dalam Kurikulum 2013:
(1)     Kompetensi Dasar (KD)  pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan KD pada KI-2 yang dianggap kurang logis dikaitkan dengan    
         karakteristik mata pelajaran;
(2)     terindikasi adanya inkonsistensi antara KD dalam silabus dan buku teks (baik lingkup materi maupun urutannya);
(3)     belum ada pernyataan eksplisit dalam dokumen kurikulum tentang perlunya peserta didik lebih melek teknologi;
(4)     format penilaian dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan;
(5)     penegasan kembali pengertian pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas;
(6)     penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran agar mudah dipelajari oleh peserta didik.




 

Masukan publik terhadap ide kurikulum mengindikasikan perlunya penegasan kembali bahwa secara keseluruhan Kurikulum 2013 harus mewujudkan empat pilar belajar dari UNESCO, yaitu :
1.    learning to know,
2.    learning to do,
3.    learning to live together with harmony dan
4.    learning to be.
Selain itu, kurikulum juga harus mendorong tercapainya perilaku positif dan pencegahan radikalisme.Tentu saja harus tetap dalam konteks tujuan pendidikan menurut sistem Pendidikan Nasional menurut Pasal 31 ayat (3) dan Pasal 3 UU 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Teman-teman peserta Diklat Implementasi Kurikulum 2013 Kelas IV di SD Negeri 1 Mangku Jayan silakan download beberapa file yang mungkin berguna bagi bapak/ibu sekalian.!


Pakdhe Prie


INI LHO LASIL KERJA TEMAN-TEMAN TENTANG PENYUSUNAN RPP,PEMETAAN KD, PROMES DAN PROTA KURIKULUM 2013 !
SILAKAN DI UNDUH PADA LINK DI BAWAH INI !   

SETELAH FILE DI DOWNLOAD SILAKAN EKSTRAK FILE SEPERTI TAYANGAN INI !   



1.    KI DAN KD_SD-MI.7z
2.    SILABUS TEMATIK DAN MAPEL SD.7z
3.    BK PANDUAN-PENILAIAN-UNTUK-SEKOLAH-DASAR-SD 2016  MS. WORD (Repaired).7z
4.    PERMENDIKBUD K-13.7z
5.    LANGKAH-LANGKAH PEMETAAN KD.7z

DOKOMEN LAIN YANG MUNGKIN BAPAK/IBU PERLUKAN SILAKAN DI DOWNLOAD DI SINI ! 

6.    DATA PESERTA DIKLAT K-2013 TH 2016 KELAS IV/E DI SDN 1 MANGKUJAYAN.7z
7.    PEMETAAN KD KLAS 4
8.    PDF PASSWORD REMOVER 3.0.7z

Untuk Membuka file di atas jika tidak dapat dibuka dengan WINRAR silakan menggunakan program ini !

1. 7zip 32bit untuk windows 32bit
2. 7zip 64bit untuk windows 64bit



INILAH TEMAN-TEMANKU PESERTA PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
KELAS IV/E YANG KECE-KECE !






 Mr. Supriyanto, S.Pd.SD  Instruktur sedang membimbing peserta
 Good morning, selamat berjumpa kembali dengan siaran radio Ngrayun FM 
yang dipancarkan melalui gelombang 2016 Mhz
Pagi hari ini bersama nara sumber melalui dialog interaktif 
akan mengupas tuntas tentang Implementasi Kurikurulum 2013 di Kabupaten Ponorogo
Dialog ineteraktif PPDB di Radio Pendidikan Gelombang 303044 FM
 Sylvester Stallone sedang menyaksikan ruang Siaran Radio K-13
Ketua kelas sedang mengivetarisir LK yang dibuat peserta
 Di Radio "Ki Hajar Dewantara  FM" Para Pakar Pendidikan 
Kelas IVE menyampaikan pandangan tentang perlunya pengembangan kurikulum di negeri ini
Para peserta aktif dan semangat '45 sedang menyusun RPP dan Instrumen Penilaian
Ketua kelasku Pak Jadi sedang menyusun Pemetaan KD
Meskipun puasa aku tetap SEMANGAT !
 Instruktur dengan telaten membimbing peserta Diklat
Para siswa asyik kerja kelompok dibimbing Ibu Guru
Selamat pagi anak-anakku, kita pagi ini akan membahas sifat-sifat cahaya
Tolong Perhatikan tayangan LCD ini anak-anak !
 Ibu Eny sedang mengajar di kelas IVE dengan model pembelajaran
 STUDENT TEAMS- ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
Pandangan jauh ke depan tentang pendidikan di Indonesia
Apalah jadinya bangsa kita nanti jika siswa-siswa kita tidak kreatif 
Ayo! semangat kita implentasikan K-13 !
Hallo anak-anak , selamat pagi, siapa yang tidak masuk hari ini !
Tanya Bu Guru, apa besuk kita libur 1 bulan ?
Beginilah anak-anak cara membuktikan garis sejajar
Pak guru kita sedang membagikan kuiz pertanyaan pada kelompok
Oh my GOD my children crowded at all !
Guru sukses di depan kelas diantaranya menguasai komunikasi (gerak dan suara)
Anak-anak sudah siang, waktunya pembelajaran kita akhiri !
Ibu guru senior tersenyum bangga melihat hasil kerja kelompok sangat baik
Ayo menyanyi anak-anakku, satu dikali satu sama dengan satu !
Dua dikali dua sama dengan empat 
empat dikali empat sama dengan ..........

Tidak ada komentar:

Test Footer 2

Label 6

Label 4

Blue Choclote

Pink Rolls Choclate

label 7

Blogger news