Rabu, 18 September 2019

PEDOMAN PENYUSUNAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TAHUN PELAJARAN 2019/2020 SEKOLAH DASAR


     Penilaian kompetensi membutuhkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan yang matang. Agar hasil yang diperoleh dari pengolahan dapat dimanfaatkan secara maksimal. Proses perencanaan dapat dilakukan dengan menentukan kompetensi yang akan diukur. Kompetensi yang akan diukur telah dikembangkan oleh tokoh-tokoh pendidikan. Tokoh-tokoh yang mengembangkan kompetensi meliputi Benjamin S. Bloom, Quellmalz, R. J. Mazano, Robert M. Gangne, David Krathwohl, Norman E. G. dan Linn dan Grouloud.
     Dalam penentuan kompetensi terlebih dahulu ditentukanlah materi yang akan digunakan. Setelah menentukan materi yang digunakan, langkah selanjutnya adalah  menentukan perilaku yang akan diukur berdasarkan rumusan kompetensi baik standar kompetensi maupun kompetensi dasar yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik di kelas. Namun, sebelum melakukan penilaian, alangkah baiknya apabila kita mengetahui pengertian penilaian terlebih dahulu.
     Penilaian menurut Permendikbud No 66 tahun 2013, penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian-pencapaian kompetensi peserta didik yang mencangkup: penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester, ulangan tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah.
    
     Penilaian pengetahuan merupakan penilaian potensi intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Tahapan-tahapan pengetahuan tersebut merupakan perbaikan yang dilakukan Krathwohl terhadap taksonomi Blomm. Penilaian pengetahuan dapat dilakukan menggunakan tes tertulis, lisan, maupun penugasan.
     Cakupan penilaian pengetahuan menurut Permendikbud Nomor 60 tahun 2013 meliputi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural.
- Pengetahuan faktual merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan termonologi atau istilah serta bagian detail tentang unsur.
- Pengetahuan konseptual merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan penggolongan, katagori, teori prinsip, generalisasi, model, dan struktur.
- Pengetahuan prosedural adalah pengetahuan mengenai alogoritma dalam melakukan sesuatu.
- Pengetahuan Metakognitif adalah pengetahuan mengenai pengertian umum maupun pengetahuan mengenai salah satu pengertian itu sendiri , kesedaran tentang apa yang diketahui dan apa yang tidak diketahui. Strategi Metakognitif merujuk kepada cara untuk meningkatkan kesadaran mengenai proses berfikir dan pembelajaran yang berlaku. Apabila kesedaran ini wujud, seseorang dapat mengawal fikirannya dengan merancang, memantau dan menilai apa yang dipelajari.
Terdapat langkah-langkah di dalam menyusun soal. Langkah penyusunan soal meliputi:
(1) menentukan tujuan tes,
(2) menentukan kompetensi yang akan diujikan,
(3) menentukan materi yang akan diujikan,
(4) menetapkan penyebaran butir soal berdasarkan kompetensi, materi, dan bentuk penilaian,
(5) menyusun kisi-ksi,
(6) menulis butir soal,
(7) memvalidasi butir soal,
(8) merakit soal,
(9) menyusun pedoman penskoran,
(10) uji coba butir soal,
(11) analisis butir soal secara kuantitatif dari data hasil empiric, dan
(12) perbaikan.

Untuk Referensi dan pedoman penyusunan naskah PAS SD tahun pelajaran 2019/2020 silakan download filefile di bawah ini !

CONTOH_KISI-KISI_PENYUSUNAN_NASKAH_BAIK_KTSP_MAUPUN_K-13
CONTOH_INSTRUMEN_TELAAH_SOAL_HOTS__K-13_DAN_KTSP,ANALISIS_BUTIR_SOAL_HOTS
KETENTUAN_UMUM_PENGETIKAN_NASKAH_SOAL_PAS-UAS_K-13_DAN_KTSP_2006.doc
FORMAT_KOP_NASKAH_SOAL DAN KUNCI_JAWABAN_DAN_LBR_JAWAB_PAS-UAS-PTS-UTS
KOMPOSISI_NASKAH_PAS-UAS_K-13_DAN_KTSP_2006.
TEHNIK PENYUSUNAN SOAL_HOTS





2 komentar:

Ika.elwidodo mengatakan...

Terimakasih Pak Pri. Sangat membantu untuk menyamakan persepsi tentang penulisan soal.

endang setiya mengatakan...

terima kasih pakdhe pri

Test Footer 2

Label 6

Label 4

Blue Choclote

Pink Rolls Choclate

label 7

Blogger news